Jumat, 12 September 2014

Air dan Banyak Air yang dibutuhkan

Salah satu kesalahan dalam dasar ilmu kedokteran adalah pemikiran bahwa air adalah suatu bahan sederhana yang hanya melarutkan dan mengedarkan bahan-bahan lain.
Air bukan bahan pelarut sederhana.Air memiliki dua manfaat utama dalam tubuh.Yang pertama adalah manfaat menjaga kehidupan.Peran lain adalah fungsi member kehidupan.
Berapa banyak air yang Anda butuhkan setiap hari?
Jumlah air yang dibutuhkan tergantung dari berat badan seseorang.Untuk seseorang dengan berat 60 kilogram,jumlah air yang dibutuhkan setiap hari adalah 3,5 liter.Anda bisa menggunakan rasio ini dan menghitung berapa banyak air yang dibutukan tubuh Anda.
Untuk manfaat terbaik,seseorang sebaiknya mengonsumsi air dengan cara sebagai berikut.
·       Satu gelas air (300 ml) sebaiknya diminum segera setela Anda bangun.Ini aka membantu Anda mengairi sel-sel yang berada pada daerah pencernaan.Selain itu juga dapat membantu membuang bahan-bahan sisa dengan baik.
·       Sebanyak 300 ml air lagi sebaiknya diminum setengah jam sebelum sarapan.Ini akan memastikan pengairan yang baik untuk semua sel di dalam tubuh setelah sarapan,sel-sel tersebut akan bekerja keras untuk menyerap nutrisi.
·       Asupan air berikutnya satu jam sebelum makan siang 300 ml air .Sebaiknya Anda tidak minum selama makan siang atau setelah makan siang.Setidaknya sisakan jarak waktu selama 2 jam untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi sudah melalui jalur pencernaan.
·       Setelah jarak waktu dua setengah jam dari makan siang,minumlah 300 ml air lagi.
·       Minum kembali 300 ml air sebelum makan malam.Meskipun demukian ,Anda sebaiknya tidak minum disaat atau segera setelah makan malam.
·       Dua setengah jam setelah makan malam,Anda bisa kembali meminum 300 ml air sebelum pergi tidur.

Harap diingat selalu bahwa saat minum air,jumlah yang sama harus dibuang melalui urin.
Harap dicatat bahwa informasi diatas hanya diberikan untuk tujuan pemberian informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk mengganti evalusi yang benar dari dokter Anda.


Sumber :
§  Air untuk menjaga kesehatan & menyembuhkan penyakit
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Penulis F.Batmanghelidj,M.D.

§  Terapi Air
Penulis a.r.hari






Tidak ada komentar:

Posting Komentar